Minggu, 29 Januari 2012

Perlengkapan Haji dan Manasik: Apa Saja dan Dimana Bisa Dibeli?


Menunaikan ibadah haji memerlukan persiapan yang sungguh-sungguh. Selain mempersiapkan fisik Anda juga wajib menyiapkan diri dengan membekali diri memalui latihan manasik haji agar selama menjalankan ibadah haji Anda tidak mengalami kebingungan dan kesalahan. Bukankah menjadi habrur dapat dicapai dengan melaksanakan ibadah haji secara benar dan lengkap?

Yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan perlengkapan haji. Sudah tahukan Anda apa saja yang perlu dibawa dan dipakai selama menunaikan ibadah haji? Yang jelas, Anda perlu membawa kain ikhrom, pakaian ikhrom, sepatu, sandal, mukena, sajadah, masker, handuk, dan lain-lain.

Stelan pakaian ikhrom lengkap biasanya terdiri dari:
Atasan bahan katun polos
Bawahan bahan katun polos
Bergo / kerudung bahan katun polos
Sarung tangan bahan katun polos
Kantung batu bahan katun polos

Untuk alas kaki, Anda bisa menggunakan sandal jepit kuat. Lebih disarankan menggunakan sepatu sandal yang lentur, pas ukurannya. Bila Anda membeli alas kaki baru, cobalah untuk memakainya terlebih dahulu selama sebulan-dua bulan. Mengapa? Hal itu untuk meningkatkan kelenturan alas kaki. Sebab, alas kaki yang masih keluar dari kardusnya relatif masih keras dan cenderung membuat lecet.

Perlengkapan lain yang perlu Anda siapkan adalah:
  • Celana panjang daleman untuk wanita
  • Celana panjang daleman untuk wanita
  • Kaus dalem dengan kantung uang untuk pria dan wanita
  • Jilbab Minang
  • Handuk haji (kecil)
  • Bantal tiup
  • Kantong minum untuk membawa air mineral
  • Mukena
  • Ikat Pinggang yang wajib dikenakan calon Jama'ah haji pria sebagai kelengkapan dalam mengenakan kain Ihram 
Untuk kegiatan manasik haji anak-anak Anda bisa menyiapkan ihram anak dari bahan katun, dingin, menyerap keringat dan nyaman dikenakan anak-anak pada saat manasik haji. Tersedia ukuran S,M,L,XL untuk anak-anak mulai play group sampai dengan SD kelas II. Perlu juga membeli perangkat lengkap dengan jilbab dan kantung batu.

Dimana belinya? Sangat mudah. Klik www.google.co.id dan tuliskan kata kunci: “jual perlengkapan haji dan manasik.” Selamat belanja....

[ayb@2012]

===== ONH Plus, Umrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar