Sabtu, 28 Januari 2012

Keajaiban Air Zam-zam


Perjalanan ibadah haji dan umrah tidak lengkap tanpa oleh-oleh air zam-zam. Ya, air yang keajaibannya sudah dikenal di seluruh dunia ini berasal dari sumur air zamzam yang tak pernah kering dan tak tercemar. Air Zam-zam menjadi unik karena terdapat di Gurun Saudi Arabia. 

Keberadaannya senantiasa mengundang decak kagum. Bayangkan saja, sumber air zam-zam saat difoto lewat satelit ternyata terhubungkan dengan Laut Merah atau Laut Mati yang bersatu menuju satu titik di bawah Kabah.Tak heran jika air ini tidak pernah habis sepanjang zaman.

Belum lagi kalau kita tilik seputar kejernihan dan khasiatnya. Secara alami air zamzam sudah mengalami proses penyaringan yang sangat unik. Mata air mengalir melalui bebatuan dan gurun pasir yang berlapis-lapis. Air yang muncul di permukaan pun akhirnya mengandung berbagai mineral dan zat yang dibutuhkan tubuh. 

Mineral dan elemen-elemen itu jumlahnya mencengangkan, sekitar 2 ribu miligram per liter. Di antaranya, sodium (250), kalsium (200), potassium (20), magnesium (50) sulfur (372), bicarbonate (366), nitrat (273), fosfat (0,25), clan ammonia (6).

Seperti dilansir kantor berita Antara, penelitian terbaru dari Arab Academy for Science, Technology and Maritime Transport, Mesir menyebutkan air zam zam setelah dianalisis melalui sinar ultraviolet menunjukkan unsurnya bebas dari bakteri dan mengandung beragam mineral di dalamnya yang dapat mengobati berbagai penyakit seperti radang mulut dan gigi, mencegah radang lambung dan iritasi dinding usus, mulas, sakit persendian, sembelit dan dehidrasi.

Sayangnya, dimana ada gula di situ sering muncul semut jahat. Kini disinyalir beredar air Zam-zam palsu dalam kemasan. Pemerintah Arab Saudi sendiri sebetulnya telah melarang ekspor secara komersil air zam-zam dari kerajaan Saudi dan di bawah undang-undang Saudi air zam-zam tidak bisa dijual secara bebas di luar negeri. 

Di Inggris dilaporkan beredar air Zam-zam palsu. Yang menyedihkan, air zam-zam palsu ini mengandung arsenik yang sedikit banyak dapat menggangu kesehatan siapa pun yang minum air zam-zam palsu ini.

[ayb@2012]

===== ONH Plus, travel umrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar